Jumat, 19 Desember 2014

PENETAPAN NDPBM

Dibagi menjadi :
  1. PIB dengan pembayaran bea masuk untuk PIB Berkala, dan PIB Penyelesaian fasilitas pembebasan dihitung saat NDPBM saat pembayaran
  2. PIB dengan penyerahan jaminan maka kurs yang berlaku adalah NDPBM saat diserahkan jaminan.
  3. PIB dengan pembebasan bea masuk atau PIB dengan pembayaran berkala , Kurs ditentukan saat mendapat nomor pendaftaran PIB.

Bagaimana dengan kurs yang tidak ada di KEP MENKEU sehingga NDPBM nya adalah nilai tukar spot harian valuta asing yang bersangkutang di pasar internaionsla terhadap dolar amerika serikat yang berlaku pada penutupan hari kerja sebelumnya.

PENETAPAN JALUR
Pemeriksaan pabean dilakukan secara selektif , jika  :
  1. Jalur merah maka dilakukan pemeriksaan fisik dan dokumen
  2. Jalur kuning maka dilakukan pemeriksaan dokumen
  3. Jalur hijau (pemeriksaan dokumen pasca SPPB)
  4. Jalur mita non prioritas (tidak diperiksa) kecuali :
    1. Barang ekpor yang diimpor kembali
    2. Barang yang terkena pemeriksaan acak
    3. Barang impor sementara.
Dikeluarkan SPPF (Surat pemberitahuan pemeriksaan fisik) yang merupakan ijin pengeluaran barang untuk dilakukan pemeriksaan fisik di tempat importir.
  1. Jalur mita prioritas (Tidak diperiksa).

Apabila diperlukan pemeriksaan fisik maka kepada importir diberikan SPJM (Surat pemberitahuan Jalur Merah) atau SPPF (Surat pemberitahuan pemeriksaan fisik) maka tugas importir adalah menerahkan kopi pib, packing list, sspcp, barang untuk diperiksa dan hadir untuk pemeriksaan fisik dalam waktu 3 hari setelah diterima, dan dapat diperpanjan 3 hari lagi.
Apabila importir tidak bekerja sama , maka importir diblokir, dan bea cukai melakukan pemeriksaan sendiri (Pemeriksaan secara jabatan) Hasil pemeriksaan dituangkan dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP).
Dari hasil pemeriksaan tersebut bisa sesuai ataupun tidak, baik jenis, jumlah, Negara asal, dll (Dalam artian di cek dengan packing list dan invoice).


0 komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar yang sesuai jika tidak, maka akan dianggap spam.