Terdapat
Beberapa perbedaan yang cukup signifikan untuk penginputan Gaji di sisi
Accurate Online jika dibandingkan dengan Accurate Versi 4 ataupun 5. Oleh
karena itu tulisan disini mencoba untuk menjelaskan apa saja yang harus
dilakukan jika seseorang karyawan mendapatkan penghasilan dari suatu
perusahaan.
Terdapat hal
yang sangat penting disini adalah pihak perusahaan harus bisa membedakan mana
yang masuk komponen pembayaran setahun sekali atau yang dibayarkan secara
bulanan atau mungkin bias dibayarkan bulanan.
Adapun
prosedur penginputan PPH 21 adalah sebagai berikut :
1. Perusahan – Gaji / Tunjangan
Lakukan penginptuan di setiap Nama dari Jenis Gaji Yang Ada jika terdapat
yang masih kosong dan dilakukan penginputan kedalam nama dari jenis gaji
tersebut maka akan menyebabkan error dan tidak bisa dilakukan penginputan atas
gaji yang terkait.
Contoh ketika kita membuka gaji maka harus dilakukan pendefinisian akun
terkait. Seperti ini ketika Jenis gaji tersebut sudah dilakukan pendefinisian
yang seharusnya.
2. Perusahaan – Karyawan
Setelah dilakukan pendefinisian yang seharusnya maka harus dilakukan
penginputan kesetiap nama karyawan beserta identitas yang berkaitan dengan
karyawan tersebut.
Ingat bahwa yang dapat menuliskan sebagai posisi Tanggungan dan
sebagainya adalah yang sudah memiliki NPWP jika belum disarankan untuk
melakukan pemilihan Tidak Menikah.
Ini adalah contoh nama atas pegawai yang akan diinput di
accurate online.
a.
Semua
ini harus dilakukan penginputan secara lengkap dan detail ,
b. dan ingat status ptkp harus dapat
dibuktikan dengan kartu keluarga terbaru dari setiap karyawan yang ada.
c.
PPH
mulai dihitung adalah dari ketika karyawan tersebut masuk kedalam perusahaan
jika masuk dari 2016 maka dipilih Januari 2020
d. NPWP dan nomor KTP harus diinput.
Disarankan untuk setiap karyawan harus memiliki npwp dan jika belum diharapkan
langsung membuat saja agar pihak perusahaan tidak menangggung pajak lebih
besar.
e. Khusus nama bank dan nomor rekening
ini hanya digunkaan ketika akan menggunakan system transfer , jika tidak maka
dapat tidak diisikan
f.
Setelah
penginputan selesai maka masuk kedalam tahap berikutnya.
3. Buku Besar – Pencatatan Gaji
Yang harus diperhatikan di penginputan ini adalah , perhatikan :
a.
Tipe
Pembayaran dibagi menjadi 2 yaitu Bulanan dan Non Bulanan.
b. Dibawah ini adalah menu menu yang ada
ketika Tipe Pembayaran dipilih Bulanan
a.
b.
c.
c.
Dan
dibawah ini adalah ketika pembayaran dipilih secara non bulanan
a.
b. Apa yang harus diingat dari inputan
ini ? ingat ketika dipilih non bulanan hanya diinput ketika perusahaan
memberikan setahun sekali dari hal ini. Contoh THR , Bonus , Rapel Gaji.
Sedangkan tunjangan PPh adalah berupa perhitungan dari accurate onlinenya.
c.
Ingat
untuk non bulanan adalah diinput hanya untuk perusahaan yang memberikan penghasilan
kepada karyawannya atas jenis penghasilan yang diberikan hanya setahun sekali.
Jika bonus dilakukan sebulan sekali, 2 b ulan sekali, atau 3 bulan sekali maka
diinput masuk kedalam Bulanan dan bukan non bulanan.
Khusus untuk attach dokumen di setiap dokuman lakukan sebagai berikut :
Lakukan attach dokumen seuai dengan dokumen atas gaji / biaya yang
berkaitan. Cara input Attachment adalah :
a.
Tulis
dulu Nama Dokumen nya.
b. Setelah itu baru klik Tanda Plus
disamping deskripsi document tersebut.
4. Kesimpulan :
a.
Cara
penginputan diatas hanya digunakan untuk pegawai karyawan perusahaan.
b. Untuk setiap komisi ataupun tenaga
ahli atau pun bukan pegawai lakukan penginputan dengan prosedur yang berbeda.
c.
Lakukan
hal ini setiap bulan sebelum semuanya akan dibuatkan ebilling dan juga
pelaporan.
0 komentar:
Posting Komentar
Masukan Komentar yang sesuai jika tidak, maka akan dianggap spam.